Hubungan Manusia dengan Tanggung Jawab serta Pengabdian

Definisi tanggung jawab

tang.gung ja.wab
[n] (1) keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dsb): pemogokan itu menjadi — pemimpin serikat buruh; (2) Huk fungsi menerima pembebanan, sbg akibat sikap pihak sendiri atau pihak lain

definisi pengabdian

peng.ab.di.an
[n] proses, cara, perbuatan mengabdi atau mengabdikan: ia memperlihatkan ~ nya kpd tanah air dan agamanya

Tanggung Jawab, Pengabdian dan Pengorbanan Manusia

               Manusia dilahirkan mempunyai segalanya, seperti pikiran dan nafsu. Manusia dapat melakukan apa saja di dunia ini, dengan mengambil suatu keputusan yang menurutnya benar, tetapi dibalik semua itu pasti ada dampak baik dan buruknya oleh karena itu dibutuhkannya sifat bertanggung jawab pada manusia. Tanggung jawab adalah sebuah bentuk bukti dimana kita sebagai individu bertanggung jawab atas segala tindakan dan keputusan yang kita lakukan, baik dan buruk harus kita pertanggung jawabkan.  

Ø Jenis Tanggung Jawab :

Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri

Tanggung jawab terhadap diri sendiri yaitu siap menerima resiko atas keputusan yang diambil baik itu merugikan diri sendiri atau pun menguntungkan diri sendiri.

Contoh : seorang pelajar yang menyadari bahwa bsok aka nada ujian tetapi tidak mau belajar dan disaat ulangan berlangsung dia tidak dapat mengerjakan soal karena dia tidak belajar.

Tanggung Jawab Terhadap Keluarga

          Tanggung jawab terhadap keluarga yaitu bertanggung jawab atas keputusan yang diambil tanpa harus melibatkkan keluarga dalam menyelesaikan masalah dari keputusan itu sendiri.  Biasanya masalah ini dialami oleh seorang suami yang harus bertanggung jawab atas kebutuhan keluarganya.   

Contoh : ayah bertanggung jawab terhadap istri dan anak-anaknya dalam mencukupi kebutuhannya baik kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder dengan cara bekerja keras untuk keluarga.

Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat

          Tanggung jawab terhadap terhadap masyarakat yaitu bertanggung jawab terhadapat lingkungannya tanpa harus merugikan lingkungannya. Tanggung jawab seperti ini biasanya dialami oleh seorang pemimpin dari ketua kelas, ketua BEM, ketua RT, sampai pejabat yang bertanggung jawab atas rakyatnya.

.

Contoh : saya adalah seorang ketua kelas, saya bertanggung jawab atas kelas yang saya pimpin jika tidak ada dosen maka saya akan menanyakan apakana da tugas atau tidak, jika teman saya membolos atau pun tidak masuk saya harus melaporkannya terhadap dosen.

Tanggung Jawab Terhadap Bangsa/Negeri

Bertanggung jawab terhadap bangsa yaitu sebagai warga Negara suatu Negara harus siap menerima resiko dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma norma atau ukuran ukuran yang dibuat oleh Negara. Manusia tidak dapat berbuat semuanya sendiri bila perbuatan manusia itu salah maka ia harus bertanggung jawab kepada Negara.

Contoh : Seseorang aparatur negara rela mengorbankan jiwa dan raga nya terhadap bangsa nya karena merupakan tanggung jawabnya terhadap negara/bangsa.

Tanggung Jawab Terhadap Tuhan

Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap Tuhan. Sehingga dikatakan tindakan manusia tidak lpas daei hukuman hukuman Tuhan. Yang diruangkan dalam berbagai kitab suco melalui berbagai macam agama. Pelanggaran dari hukuman hukuman  tersebut akan segera diperingatkan oleh Tuhan dan jika perungatan yang keraspun manusia masih juga tidak menghiraikan maka Tuhan akan melakukan kutukan. Sebab dengan mengabaikan perintah perintah Tuhan. Berarti menginggalkan tanggung jawab yang seharusnya dilakukan terhadap Tuhan sebagai penciptanya. Bahkan untuk memenuhi tanggungjawabnya manusia harus berkorban.

Contoh : setiap manusia wajib melaksanakan kewajiban nya mejalankan agama yang dipercayai nya, karena itu merupakan tanggung jawab dirinya terhadap Tuhan.

Pengabdian adalah bukti dari sebuah pengorbanan sama seperti yang dilakukan oleh seorang tentara yang berkorban demi bangsanya sebagi buti pengabdiannya. Tentara siap mati untuk membela negaranya dan mempertahankan kedaulatan negaranya. Jadi antara tanggung jawab, pengabdian dan pengorbanan dalam hidup saling terikat satu sama lain. 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s