Bangunan – Bangunan yang Terbengkalai

Bangunan – Bangunan yang Terbengkalai

            Kini banyak sekali bangunan – bangunan yang sudah terbengkalai dapat kita temui dengan mudah. Sangat disayangkan sekali memang jika bangunan utuh yang sudah kokoh berdiri didiamkan dan diabaikan begitu saja. Selain merugikan sang pemilik karena telah mengeluarkan banyak modal namun itu juga terkadang merugikan lingkungan sekitar bangunan tersebut. Pada umumnya orang – orang menganggap bangunan yang telah terbengkalai sebagai tempat yang kotor, kumuh atau bahkan mengerikan. Secara tidak langsung tentu saja itu mempengaruhi dan mengganggu aktivitas orang – orang yang tinggal satu lingkungan dengan bangunan tersebut.

            Misalnya bangunan seperti ruko atau rumah yang telah lama kosong dan dibiarkan begitu saja, pasti saja mengganggu aktivitas warga sekitar, apalagi jika bangunan tersebut hanya dijadikan tempat pembuangan sampah pada akhirnya. Selain menyebabkan udara tidak sehat karena bau yang tidak enak, itu juga dapat meneyebabkan banjir jika turun hujan besar.

Berikut contoh bangunan – bangunan yang berdiri ditengah kota namun sudah tak terawat dan kini terbengkalai :

ImageIni adalah bekas bangunan sebuah klinik yang kini sudah tidak terpakai. Jika dilihat dari kondisi fisik, bangunan ini sebenarnya masih layak untuk digunakan. Dan jika dilihat dari kondisi lingkungan, pembangunan klinik ini tidak mengganggu lingkungan sekitar, namun kini dengan keberadaannya yang sudah tak terawat keberadaan bangunan ini nampak mengganggu. Sampah yang berserakan disekitar klinik pasti akan menyebabkan jalanan sekitar klinik tegenang jika turun hujan. Selain itu kondisi klinik yang sudah terbengkalai dan terdapat banyak coretan dinding membuat kondisi klinik tampak menyeramkan.

Image       Tak jauh dari lokasi klinik terdapat sebuah bangunan yang juga sudah tak terpakai dan kini hanya dibiarkan begitu saja. “Villa Andika” nama bangunan tersebut, jika dilihat dari kondisi fisik bangunan, sama dengan klinik bangunan ini pun masih layak untuk digunakan dan masih terlihat kokoh. Namun karena tidak terawatnya bangunan tersebut, membuat bangunan tampak menyeramkan, terlebih jika malam hari tak ada penerangan yang ada dibangunan tersebut.

        Alangkah baiknya jika bangunan – bangunan seperti ini dibersihakan, dirawat kembali, agar dapat digunakan lagi dan tak terlihat percuma. Jika memang masih dapat digunakan, mengapa harus diabaikan. Dan kalaupun suadah tak dapat digunakan, lebih baik lahan bangunan tersebut dibuat menjadi sebuah taman, agar kota menjadi lebih sejuk dan asri, terlebih lagi menambah tempat penyerapan air dan dapat meminimaliskan terjadinya banjir.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s