Bangunan yang Beralih Fungsi

Bangunan yang Beralih Fungsi

            Setiap bangunan pastilah dibangun dengan suatu alasan yang jelas, entah itu mengenai tujuannya ataupun fungsinya. Tujuan dan fungsi dari setiap bangunanpun berbeda – beda, baik itu untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan umum. Seperti contoh, seseorang membangun rumah pasti memiliki tujuan yang dia kehendaki yang nantinya rumah tersebut berfungsi untuk melindungi dirinya dari segala hal buruk yang akan terjadi. Tapi terkadang sebagian orang yang tidak bertanggung jawab selalu menyalahkgunakan fungsi dari suatu bangunan yang tersedia. Seperti misalnya sebuah halte yang dirusak yang sebenarnya halte tersebut dibangun untuk keperluan umum yang digunakan untuk menaikan ataupun menurukan penumpang dari angkutan umum.

            Kini kita bisa jumpai banyak halte – halte yang sudah beralih fungsi dijalan – jalan sekitar kita. Sangat disayangkan bahwa sebuah sarana umum yang sengaja dibangun untuk kebutuhan bersama dirusak dan pada akhirnya terbengkalai begitu saja. Tampilan halte bus yang pada awalnya menarik, bersih, tertata, kini karena tinadakan oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab menjadi tidak nyaman lagi untuk digunakan. Seperti misalnya halte yang dirusak oleh sebuah kelompok, halte yang dicoret – coret oleh segerembolan anak sekolah, halte yang kotor karena ketidak sadaran pemakai halte dalam membuang sampah, itu semua membuat sebuah pembangunan yang dilaksanakan terasa sia – sia. Berikut beberapa contoh bangunan yang telah beralih fungsi dan sudah tak terawat :

Image

Bangunan ini tadinya adalah sebuah halte yang berada dikawasan Ciawi Kota Bogor, halte tersebut kini sudah sangat tak berbentuk, tak ada perawatan apalagi perbaikan. Sangat disayangkan jika melihat kondisi halte ini sekarang. Banyak sekali sampah yang berserakan di sekitar halte tersebut, yang membuang pemandangan halte tampak lebih tidak indah. Jika terjadi hujan besar sudah dipastikan jalan sekitara halte tersebut akan tergenang. Selain itu para pedegang yang tak tertib pun menambah suasana halte terlihat lebih tidak nyaman, terlebih halte ini terletak didepan sebuah pasar, dan jika sudah sore hari terlebi lagi malam hari keberadaan halte tersebut tidak akan terlihat karena tertutup oleh para pedagang yang berjualan didepan halte tersebut.

Image

            Dan ini adalah contoh halte yang lainnya, masih terletak kawasan Bogor. Halte ini memang tampk lebih berbentuk, namun coretan – coretan yang ada dinding halte membuat halte tersebut nampak tidak lagi bagus. Kini halte in sudah tidak digunakan lagi, sekalipun digunakan hanya oleh pengguna sepeda motor yang berteduh jika terjebak hujan. Sangat disayangkan bangunan utuh yang seharusnya memiliki fungsi untuk bersama ini hanya menjadi penghias jalan raya saja. Ini termasuk dalam pemborosan dalam pembangunan.

            Pembangunan yang baik seharusnya dijaga dengan baik juga, ini adalah sebuah contoh kerusakan lingkungan arsitektur, alangkah baiknya jika kita semua menjaga dan melestarikan pembangunan yang telah tersedia. Rawat sarana -sarana umum yang telah dibangun dengan tidak merusaknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s