Teknologi Ramah Lingkungan dalam Arsitektur

            Berbicara soal teknologi memang tidak akan ada habisnya, apalagi hidup di era modern seperti sekarang ini. Teknologi memang sudah menjadi santapan sehari-hari di zaman seperti ini, namun berkaitan dengan penggunaaan teknologi yang sekarag ini tidak terbatas akan menyebabkan kelangkaan sumber teknologi yang tidak terbarukan. Karena itu untuk mencegah hal tersebut para ilmuwan bekerja keras untuk menciptakan teknologi yang bisa terbarukan dan bukan hanya itu, tapi juga teknologi ramah yang lingkungan, mengingat terjadinya global warming yang kini telah semakin menjadi dan sulit diatasi. Berikut ini merupakan terapan teknologi ramah lingkungan : 

Air Tree, Spanyol

 Image

 Bangunan yang didirikan di Madrid ini dibuat dari berbagai barang-barang daur ulang, tidak hanya itu bangunan ini juga menyediakan ventilasi alami serta memberi perlindungan panas ketika musim panas datang. Bangunan ini juga dilengkapi tenaga surya yang dikumpulkan dari panel photovoltaic yang digunakan untuk menyirami tanaman dan segala hal yang berhubungan dengan pemeliharaan tanaman di Air Tree tersebut.

Jenis proyek:
Perencanaan strategi desain perkotaan
Desain lansekap arsitektur

Proyek Misi / Tujuan:
Meningkatkan jiwa manusia
Meningkatkan kesadaran lingkungan dan / atau alamat perubahan iklim
Menanggapi kebutuhan kita berkembang untuk air bersih, listrik, tempat tinggal, kesehatan, pendidikan.

Deskripsi Proyek:
            Kota Madrid segera berencana menambah struktur baru yang mencolok yang akan “mengubah climatically” arsitektur perkotaan. Dirancang oleh Ekosistem Perkotaan, Air Pohon paviliun akan dibangun dari bahan daur ulang dan akan 100% menggunakan energi mandiri. Menggunakan sel fotovoltaik, Air Pohon menghasilkan sejumlah besar energi. Air Pohon dibentuk disekitar pabrik gas daur ulang, yang memungkinkan proyek untuk tumbuh dari bahan industri repurposed. Di the “Pohon udara” terdapat layanan paviliun. Pusat-pusat bangunan memiliki vegetasi perakaran, efek pendinginan pada lingkungan perkotaan. Struktur terbuka juga dapat memfasilitasi pertemuan sosial yang tidak memerlukan listrik. Masing – masing pohon udara dilengkapi dengan surya fotovoltaik untuk memenuhi kebutuhan energi di tempat.

            Para arsitek telah melampaui manfaat bahan yang jelas yang dapat digunakan kembali dan telah dianggap sebagai lansekap kota yang tumbuh. Ketika tanaman ditetapkan, sisa-sisa industri dapat dibongkar dan dihapus, meninggalkan greenway berkembang

            Pohon udara adalah struktur cahaya yang mandiri dalam hal energi dan bisa dibongkar. Ini hanya mengkonsumsi apa yang dapat menghasilkan melalui fotovoltaik sistem pengumpulan energi surya. Jual energi ke jaringan listrik menghasilkan superavit pada neraca tahunan dan ini diinvestasikan kembali dalam pemeliharaan struktur itu sendiri. Ini hanyalah sebuah model untuk pengelolaan sumber daya pada sebuah proyek dalam perjalanan waktu. Selain estetika mereka, pohon-pohon memiliki manfaat yang sangat menarik bagi warga setempat yang harus menderita melalui musim panas Spanyol. Lingkungan sekitar dekat pohon udara akan alami dikondisikan, mengurangi efek pulau panas ditemukan di sebagian besar pusat kota. Pohon-pohon udara akan dilaksanakan kota luas dalam tahun-tahun mendatang.

            Tujuan dari proyek ini adalah untuk menciptakan suasana yang mengundang dan mempromosikan kegiatan dalam ruang publik perkotaan yang “sakit” akibat “perencanaan yang buruk”.  Sistem adaptasi iklim sederhana dipasang di pohon-pohon udara adalah tipe evapotranspirative, yang sering digunakan di rumah kaca. Di dalam struktur pohon akan ditanam untuk menghasilkan oksigen, seperti pohon biasa. Karena ini daerah yang dikelilingi akan mendapatkan suhu dingin. Diharapkan bahwa selama musim panas itu akan menjadi 8-10 ° C lebih dingin di dalam dan di dekatnya “Air Pohon”. Lebih banyak pohon akan ditanam di sekitar struktur untuk meningkatkan efek pendinginan.

 

Sumber :

http://www.Inhabitat.com 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s