TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN

Kertas Bekas (Papercrate) Sebagai Bahan Dinding

 Image

  Kertas bekas yang dimaksud disini adalah berupa kertas yang mempunyai tekstur kasar seperti kertas Koran atau kardus, yang dihancurkan menjadi semacam bubur kertas dan diolah lagi menjadi bata kertas agar dapat digunakan untuk penggunaan lebih lanjut sebagai material bahan bangunan.

 

SPESIFIKASI KERTAS BEKAS (PAPERCRATE)

1)      Mempunyai massa dan berat yang sangat ringan

2)      Bersifat lembek, sehingga mudah dibentuk

3)      Cukup kuat dalam menahan gaya vertikal

4)      Mempunyai bentuk yang ramping, sehingga memudahkan dalam pengemasan dan distribusinya

5)      Tidak mengandung racun, karena tidak menggunakan cairan kimia yang berbahaya

 PENGOLAHAN KERTAS BEKAS (PAPERCRATE)

            Kertas bekas khususnya yang berbahan Koran (mempunyai serat yang kasar) kemudian di campurkan dengan air dan semen dengan kisaran perbandingan antara kertas:air:semen adalah 6:2:2. Setelah tercampur, bubur kertas tersebut dicetak sesuai keinginan (biasanya dicetak dalam bentuk ukuran batu bata), kemudian dikeringkan sehingga menjadi sebuah “bata” yang terbuat dari kertas dan siap digunakan. 

Bahan kertas sudah dapat dipastikan ramah lingkungan karena dapat mengurangi pembuangan sampah kertas dan juga meningkatkan kualitas dan kuantitas daur ulang kertas menjadi sebuah bahan dinding.

 

PENERAPAN KERTAS BEKAS

            Kertas bekas yang sering kita temui sehari – hari dapat diolah menjadi berbagai macam kerajinan tangan ataupun ornamen – ornamen. Namun, dengan teknologi rekayasa yang tepat maka kertas ini dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan dinding bangunan, tetapi tentunya untuk skala bangunan kecil atau bangunan berlantai 1. Secara teknis, bahan kertas akan mudah menyerap dan mengeluarkan panas di dalam ruangan dan juga mampu meredam kebisingan. Namun, bahan kertas ini tidak cocok digunakan di ruang luar atau ruang – ruang yang sering terkena air karena akan merusak kompisisi campuran (semen, air, dan kertas) dari dinding kertas tersebut, meskipun dalam penerapannya, dinding kertas ini biasanya sudah dilapisi semen atau diplester bagian terluarnya.

PEMASANGAN KERTAS BEKAS (PAPERCRATE) PADA DINDING

1. Bata dari kertas bekas yang sudah siap digunakan di pasang selayaknya memasang batu bata pada dinding – dinding konvensional seperti biasa.

2. Kemudian, bata kertas tersebut direkatkan dengan menggunakan campuran semen dan air, tetapi dengan perbandingan semen yang lebih rendah, yaitu perbandingan semen:air adalah 2:6.

3 . Sebelum diberi finishing seperti plester atau acian, dinding kertas dikeringkan dan didiamkan pada suhu lebih dari 30 derajat celcius selama satu hari penuh.

Image
 
Rumah yang dindingnya terbuat dari bahan pepercrate

            Pada saat pengolahan kertas bekas ini (atau biasa disebut dengan papercrate) kertas yang digunakan adalah kertas dengan serat kasar seperti kertas koran, karena kertas dengan serat yang kasar akan mempunyai kekuatan mereka yang baik dibandigkan dengan kertas biasa. Secara teknis kertas ini lebih optimal dalam menyerap panas pada siang hari yang kemudian dilepas kembali pada malam hari. Sehingga penggunaan pendingin ruangan pada siang hari dapat berkurang. Selain itu, dengan menggunakan dinding kertas ekas ini maka secara tidak langsung kita juga membantu mengurangi sampah–sampah kertas sehingga bahan ini dapat dikatakan ramah lingkungan.

 

KELEBIHAN PENERAPAN KERTAS BEKAS (PAPERCRATE) PADA DINDING

  • Mampu menyerap panas

 

  • Meredam suara / kebisingan

 

  • Tidak mengandung racun

 

  • Biaya produksi murah

 

  • Daya kering yang cepat

 

  • Penggunaan semen yang sedikit.

 

KEKURANGAN PENERAPAN KERTAS BEKAS (PAPERCRATE) PADA DINDING

  • Tidak tahan lama terhadap air, apabila dinding jenis ini sering terkena atau dialiri air, maka komposisi didalamnya akan rusak dan dinding akan menjadi lemah serta mudah roboh .
  • Butuh waktu yang relatif lama untuk mempersiapkan papercrate ini hingga dapat digunakan sebagai material bangunan.

Sumber :

http://vanadiraha.wordpress.com/2013/11/04/teknologi-ramah-lingkungan-dalam-bangunan-5/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s