KLA

ISTANA NEGARA KUALA LUMPUR

Istana Negara adalah sebuah kompleks istana Malaysia yang terletak di Jalan Duta , Kuala Lumpur , Malaysia . Secara resmi, istana ini digunakan pada 15 November 2011 untuk menggantikan Istana Negara di Jalan Istana sebagai tempat bersemayam kediaman resmi Yang di-Pertuan Agong dan Raja Permaisuri Agong Malaysia . Istana ini telah diserahkan kepada administrasi Istana Negara pada 18 Oktober 2011 dan beroperasi penuh pada 11 November 2011

Istana Negara ini pada mulanya adalah kediaman seorang ahli dagang Cina, Chan Wing yang dibangun pada tahun 1928. Sewaktu penjajahan Jepang di Malaya pada 1942- 1945, Jepang mengambil alih kediaman ini dan menukarnya menjadi kediaman resmi Jepang dan pejabat serta pegawai-pegawai Jepang. Setelah berakhirnya perang dunia, kerajaan Negeri Selangor mengubah kediaman ini dan menjadikan tempat ini sebagai kediaman resmi Sultan Selangor. Setelah negara mencapai Kemerdekaan pada 1957, Kerajaan Persekutuan yang baru dibentuk ketika itu mengubah kediaman ini menjadi kediaman resmi bagi Yang Di-Pertuan Agong.

Istana Negara ini dikelilingi pagar tinggi, tapi anda masih bisa melihat kawasan istana dan taman yang menarik dan dijaga keindahannya.  Gaya arsitektur bangunan istana ini adalah Arsitektur Islam, Melayu. Istana Negara Jalan Duta ini dibangun mencakup tiga komponen utama yaitu Komponen Resmi, Komponen Royal dan Komponen Administrasi.Sebagai simbol kekuasaan, tentu saja yang namanya istana raja dibangun sebagus dan semegah mungkin. Demikian halnya dengan Istana Raja Malaysia di Kuala Lumpur yang berdiri gagah dengan kubah emasnya yang berkilauan di atas bukit. Kehadiran istana berkubah emas ini telah menggantikan istana lama yang berada di Jalan Istana. Demi alasan dan pertimbangan tertentu, pemerintah Malaysia memutuskan untuk memindahkan istana lama tersebut ke istana yang baru. Sementara istana lama dijadikan Museum Diraja.

Istana Negara ini memiliki 3 jalur masuk utama yakni Pintu Gerbang Masuk Utama yang menggunakan jalan masuk bertingkat dari Jalan Duta adalah untuk penggunaan Seri Paduka Baginda Yang di-Pertuan Agong dan Seri Paduka Baginda Raja Permaisuri Agong, Duli-Duli Yang Maha Mulia Raja-Raja serta Duli-Duli Yang Maha Mulia Ratu-Ratu Baginda, Tuan Yang Terutama Presiden-Presiden Negeri, Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan. Pintu 2 yang terletak di Jalan Semantan-Dungun adalah pintu masuk bagi Tamu-Tamu Royal. Pintu 3 pula yang terletak di Jalan Seri Hartamas, Mont Kiara adalah untuk penggunaan Rakyat yang ingin berurusan dengan Seri Paduka Baginda Yang di-Pertuan Agong dan Seri Paduka Baginda Raja Permaisuri Agong serta Administrasi Istana Negara.

Pemerintah Malaysia telah mengusulkan pembangunan Istana Negara yang baru yang terletak di Jalan Duta. Istana baru ini bertujuan untuk menggantikan Istana Negara yang lama yang telah digunakan sejak 1928. Ini adalah kali pertama pemerintah Malaysia membangun sendiri istana Yang di-Pertuan Agong mengingat istana yang terdahulu adalah dibeli dari seorang jutawan Cina.Pertuan Agong dan Seri Paduka Baginda Raja Permaisuri Agong serta Administrasi Istana Negara.

Kompleks Istana Negara Baru ini dikembangkan di atas lahan seluas 241.3 hektar yang dibagi menjadi empat sayap dan termasuk daerah menempatkan kendaraan. Ini mencakup konstruksi Gedung Utama Istana Negara serta bangunan-bangunan dan fasilitas pendukung lainnya dengan luas lantai kasar keseluruhan sebanyak 90,082 meter2. Turut dilaksanakan untuk melengkapi kebutuhan Kompleks ini adalah pembangunan jalan masuk bertingkat Jalan Duta ke Pintu 1 Istana Negara dan naiktaraf Jalan Changkat Semantan ke Pintu 2 Istana Negara yang dikelola oleh Cabang Jalan, Markas JKR. Proyek ini telah mulai dibangun pada akhir November 2007 dan siap sepenuhnya pada akhir September 2011. Kompleks ini juga mencakup bangunan istana, perumahan untuk pekerja istana, kantor polisi dan keamanan, kamp militer mini dan gerbang masuk dua tingkat dari Jalan Duta.

Dengan arsitektur yang melambangkan Islam dan Melayu, tatarias lampu, pemalapan dan pencahayaan luar dan dalam istana berbeda. Desain ini bertujuan untuk menciptakan suasana yang khas di samping menghemat energi. Sistem ini akan dipusatkan dan dikawal oleh 10 tombol kontrol di lokasi yang berbeda.

SUMBER :

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=ms&u=http://ms.wikipedia.org/wiki/Istana_Negara,_Jalan_Duta&prev=search

http://malaysia.panduanwisata.id/2009/08/10/istana-negara-kuala-lumpur/

Museum di Hanoi, Vietnam

Vietnam Museum of Ethnology (Vietnam: Bao Tang Dan Toc hoc Việt Nam) adalah sebuah museum di Hanoi, Vietnam, yang berfokus pada 54 kelompok etnis yang diakui secara resmi di Vietnam. Bangunan ini terletak di 3.27 hektar (13.200 m2) properti di Cau Giay District, sekitar 8 km dari pusat kota. Hal ini secara luas dianggap sebagai yang terbaik dari museum modern di Vietnam dan daya tarik wisata di Hanoi. Usulan untuk museum secara resmi disetujui pada tanggal 14 Desember 1987. Konstruksi berlangsung 1987-1995, dan dibuka untuk umum pada 12 November 1997.

Bangunan Pameran ini dirancang oleh arsitek Ha Duc Linh, anggota dari kelompok etnis Tay, dalam bentuk drum Dong Son, dan arsitektur interior dirancang oleh arsitek Perancis Véronique Dollfus. Jam buka adalah 8:30-17:30 Selasa sampai Minggu.
http://en.wikipedia.org/wiki/Vietnam_Museum_of_Ethnology

Museum Sejarah Militer Vietnam, dibentuk pada 17 Juli 1956, adalah salah satu dari tujuh museum nasional di Vietnam. Luas bangunan ini mencakup 12.800 m2, terletak di pusat kota Hanoi, sebaliknya Lenin Park dan dekat Mausoleum Ho Chi Minh.

http://en.wikipedia.org/wiki/Vietnam_Military_History_Museum

Vietnam National Museum of Fine Arts terletak di Hanoi, Vietnam. Ini adalah museum yang menampilkan seni rupa Vietnam dari berbagai periode sejarah.  Museum ini adalah museum seni utama di negara Vietnam. Sebagian koleksi mengacu pada tema kemartiran, patriotisme, strategi militer dan mengatasi musuh serangan.

Museum ini menyajikan koleksi akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21. Salah satunya adalah lukisan, termasuk karya-karya seniman yang menjelajahi abstraksi dan impresionisme abstrak. Bangunan ini, dibangun pada tahun 1937, awalnya adalah rumah kos seorang gadis Katolik yang ditinggalkan.

http://en.wikipedia.org/wiki/Vietnam_National_Museum_of_Fine_Arts

Museum Ho Chi Minh terletak di Hanoi, Vietnam, adalah museum yang didedikasikan untuk mendiang pemimpin Vietnam Ho Chi Minh dan perjuangan revolusioner Vietnam melawan kekuatan asing. Museum ini  dibangun pada tahun 1990-an.

http://en.wikipedia.org/wiki/Ho_Chi_Minh_Museum

Bangunan yang digunakan sebagai museum dari Far East Research Institute di bawah kekuasaan kolonial Perancis (École française d’Extrême-Orient EFEO), adalah sebuah museum yang menampilkan sejarah Vietnam yang mencakup setiap periode. Bertempat di sebuah bangunan kolonial Prancis yang selesai pada tahun 1932. Bangunan, dirancang oleh arsitek Ernest Hébrard, dianggap sebagai perpaduan sukses kolonial Perancis dan arsitektur tradisional Vietnam, disebut arsitektur Indochina. Hebrard menciptakan dinding ganda dan balkon untuk sistem ventilasi alami dan perlindungan dari sinar matahari.

http://en.wikipedia.org/wiki/National_Museum_of_Vietnamese_History

Vietnam Museum of Revolution adalah sebuah museum di Hanoi, Vietnam. Terletak di daerah Tong Dan kota, didirikan pada Agustus 1959 di sebuah bangunan dua lantai, sebelumnya digunakan oleh Departemen Perdagangan Vietnam. Bangunan Ini didesain ulang menjadi 30 galeri dan pada 2008 berisi lebih dari 40.000 pameran sejarah.

http://en.wikipedia.org/wiki/Vietnam_Museum_of_Revolution

http://www.initempatwisata.com/wisata-dunia/vietnam/ini-tempat-wisata-di-vietnam-paling-terpopuler-part-1/1/

http://www.raptim-indonesia.co.id/2013/06/asiknya-jalan-jalan-di-vietnam/

Garden By The Bay

Taman yang terletak di Pesisiran ini adalah sebuah taman yang mencakup 101 ha (1.010.000 m2) tanah reklamasi di pusat kota Singapura, berdekatan dengan Marina Reservoir. Taman ini terdiri dari tiga kebun tepi yaitu, Bay South Garden, Bay East Garden dan Bay Central Garden, dan yang terbesar dari tiga kebun tersebut  adalah Bay South Garden, berdiri di diatas lahan seluas 54 hektar. Di tempat ini terdapat lebih dari 250.000 tanaman langka di dalam konservatorium berbentuk kubah besar.

Pertama kali diumumkan kepada publik oleh Perdana Menteri Lee Hsien Loong pada Hari Nasional Rally di bulan Agustus 2005, Gardens by the Bay ini dimaksudkan untuk menjadi ikon nasional dan tujuan rekreasi para turis. Kompetisi internasional untuk desain rencana induk, yang diselenggarakan pada Januari 2006, menarik lebih dari 70 entri yang disampaikan oleh 170 perusahaan dari 24 negara. Dua perusahaan yaitu Hibah Associates dan Gustafson Porter akhirnya masing-masing dianugerahi desain rencana induk untuk Bay South dan East Bay Gardens. Di samping desainer Hibah Associates, tim desain Inggris untuk Bay South termasuk Wilkinson Eyre Architects (arsitek), Atelier Ten (konsultan desain lingkungan), dan Atelier One (insinyur struktur). Tim ini juga didukung oleh sejumlah Konsultan Singapura termasuk CPG Consultants (arsitektur, sipil dan struktur, mekanikal dan elektrikal), Meinhardt Infrastruktur (sipil dan struktural), Langdon Seah (konsultan biaya) dan PMLink (manajemen proyek). 

1.     Bay Central Garden 

Bay Central Garden akan bertindak sebagai penghubung antara Bay South dan East Bay Gardens. Berdiri di tanah seluas 15 ha (37 ha) dengan 3km (1,9 mil) tepi balkon yang memungkinkan untuk jalan-jalan, dengan pemandangan indah yang membentang dari pusat kota ke timur Singapura.

2.    Bay East Garden

Bay East Garden adalah kombinasi unik paviliun-paviliun cantik, berdiri di lahan seluas 32 hektar (79 hektar) dalam ukuran dan memiliki 2km (1,2 mil) promenade depan yang menyulam Marina Reservoir. Sebuah taman sementara dikembangkan di Bay East Garden untuk  mendukung Olimpiade 2010. Tahap pertama dari taman dibuka untuk umum bulan Oktober 2011, yang memungkinkan akses alternatif ke Marina Barrage. Dirancang sebagai rangkaian kebun berbentuk daun tropis yang luas, dengan desain lansekap yang spesifik, karakter dan tema. Akan ada lima lubang air sejajar dengan arah angin yang berlaku, memaksimalkan dan memperluas garis pantai sementara memungkinkan angin dan air untuk menembus situs untuk membantu daerah dingin kegiatan di sekitar mereka. Bay East Garden akan menyediakan pengunjung dengan pandangan yang terhalang dari langit-langit kota. Perkembangan mendatang Bay East Garden akan didasarkan pada tema air.

3.  Bay South Garden

Bay South Garden dibuka untuk umum pada tanggal 29 Juni 2012. Ini adalah taman yang terbesar dari tiga kebun yang ada dan bertujuan untuk menampilkan yang terbaik dari koleksi hortikultura tropis dan taman kesenian. Konsep keseluruhan rencana induk yang menarik inspirasi dari anggrek karena merupakan perwakilan dari daerah tropis dan Singapura, menjadi bunga nasional negara itu, Vanda ‘Miss Joaquim’. Bunga anggrek berakar di tepi (konservatori), sedangkan daun (bentang alam), tunas (jalan, jalan dan linkways) dan akar sekunder (air, energi dan komunikasi baris) kemudian membentuk jaringan terpadu dengan mekar (tema taman dan supertrees) di persimpangan utama.

Konservatori

Kompleks Konservatorium di Gardens by the Bay Singapura, terdiri dari dua macam konservatori, yaitu Bunga Dome dan Cloud Forest, terletak di sepanjang tepi Marina Reservoir. Konservatori, dirancang oleh Wilkinson Eyre Architects, dimaksudkan untuk menjadi showcase yang efisien energi teknologi bangunan yang berkelanjutan dan memberikan ruang edutainment segala cuaca dalam Gardens. Keduanya sangat besar (sekitar 1 hektar (2,5 hektar)) dan Bunga Dome adalah dunia columnless kaca terbesar. Pembangunan rumah kaca khusus dalam dua cara. Pertama-tama dengan mampu memiliki besar kaca-atap tersebut tanpa dukungan interior tambahan (seperti kolom). Kedua karena konstruksi bertujuan kuat untuk meminimalkan dampak lingkungan. Air hujan yang dikumpulkan dari permukaan dan beredar dalam sistem pendingin yang terhubung ke Supertrees. The Supertrees digunakan baik untuk melampiaskan udara panas dan dingin air beredar.

Anggaran

Biaya konstruksi final untuk proyek, tidak termasuk harga tanah tetapi termasuk jalan akses, karya drainase, dan perbaikan tanah, adalah dalam mengalokasikan anggaran $ 1035000000. Biaya operasional tahunan diharapkan menjadi sekitar $ 58.000.000, dimana $ 28.000.000 adalah untuk operasi bangunan Conservatory. Proyek ini menerima 1,7 juta pengunjung antara bulan Juni dan Oktober 2012, yang memiliki tiket masuk gratis untuk sebagian besar bagian dari taman tetapi diminta untuk membeli tiket untuk memasuki konservatori.

http://en.wikipedia.org/wiki/Gardens_by_the_Bay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s