ISTANA NEGARA MALAYSIA

istana-raja-malaysia-2 (1)

Istana Negara adalah sebuah kompleks istana Malaysia yang terletak di Jalan Duta , Kuala Lumpur , Malaysia . Secara resmi, istana ini digunakan pada 15 November 2011 untuk menggantikan Istana Negara di Jalan Istana sebagai tempat bersemayam kediaman resmi Yang di-Pertuan Agong dan Raja Permaisuri Agong Malaysia . Istana ini telah diserahkan kepada administrasi Istana Negara pada 18 Oktober 2011 dan beroperasi penuh pada 11 November 2011

Istana Negara ini pada mulanya adalah kediaman seorang ahli dagang Cina, Chan Wing yang dibangun pada tahun 1928. Sewaktu penjajahan Jepang di Malaya pada 1942- 1945, Jepang mengambil alih kediaman ini dan menukarnya menjadi kediaman resmi Jepang dan pejabat serta pegawai-pegawai Jepang. Setelah berakhirnya perang dunia, kerajaan Negeri Selangor mengubah kediaman ini dan menjadikan tempat ini sebagai kediaman resmi Sultan Selangor. Setelah negara mencapai Kemerdekaan pada 1957, Kerajaan Persekutuan yang baru dibentuk ketika itu mengubah kediaman ini menjadi kediaman resmi bagi Yang Di-Pertuan Agong.

Istana Negara ini dikelilingi pagar tinggi, tapi anda masih bisa melihat kawasan istana dan taman yang menarik dan dijaga keindahannya.  Gaya arsitektur bangunan istana ini adalah Arsitektur Islam, Melayu. Istana Negara Jalan Duta ini dibangun mencakup tiga komponen utama yaitu Komponen Resmi, Komponen Royal dan Komponen Administrasi.Sebagai simbol kekuasaan, tentu saja yang namanya istana raja dibangun sebagus dan semegah mungkin. Demikian halnya dengan Istana Raja Malaysia di Kuala Lumpur yang berdiri gagah dengan kubah emasnya yang berkilauan di atas bukit. Kehadiran istana berkubah emas ini telah menggantikan istana lama yang berada di Jalan Istana. Demi alasan dan pertimbangan tertentu, pemerintah Malaysia memutuskan untuk memindahkan istana lama tersebut ke istana yang baru. Sementara istana lama dijadikan Museum Diraja.

Istana Negara ini memiliki 3 jalur masuk utama yakni Pintu Gerbang Masuk Utama yang menggunakan jalan masuk bertingkat dari Jalan Duta adalah untuk penggunaan Seri Paduka Baginda Yang di-Pertuan Agong dan Seri Paduka Baginda Raja Permaisuri Agong, Duli-Duli Yang Maha Mulia Raja-Raja serta Duli-Duli Yang Maha Mulia Ratu-Ratu Baginda, Tuan Yang Terutama Presiden-Presiden Negeri, Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan. Pintu 2 yang terletak di Jalan Semantan-Dungun adalah pintu masuk bagi Tamu-Tamu Royal. Pintu 3 pula yang terletak di Jalan Seri Hartamas, Mont Kiara adalah untuk penggunaan Rakyat yang ingin berurusan dengan Seri Paduka Baginda Yang di-Pertuan Agong dan Seri Paduka Baginda Raja Permaisuri Agong serta Administrasi Istana Negara.

Pemerintah Malaysia telah mengusulkan pembangunan Istana Negara yang baru yang terletak di Jalan Duta. Istana baru ini bertujuan untuk menggantikan Istana Negara yang lama yang telah digunakan sejak 1928. Ini adalah kali pertama pemerintah Malaysia membangun sendiri istana Yang di-Pertuan Agong mengingat istana yang terdahulu adalah dibeli dari seorang jutawan Cina.Pertuan Agong dan Seri Paduka Baginda Raja Permaisuri Agong serta Administrasi Istana Negara.

Kompleks Istana Negara Baru ini dikembangkan di atas lahan seluas 241.3 hektar yang dibagi menjadi empat sayap dan termasuk daerah menempatkan kendaraan. Ini mencakup konstruksi Gedung Utama Istana Negara serta bangunan-bangunan dan fasilitas pendukung lainnya dengan luas lantai kasar keseluruhan sebanyak 90,082 meter2. Turut dilaksanakan untuk melengkapi kebutuhan Kompleks ini adalah pembangunan jalan masuk bertingkat Jalan Duta ke Pintu 1 Istana Negara dan naiktaraf Jalan Changkat Semantan ke Pintu 2 Istana Negara yang dikelola oleh Cabang Jalan, Markas JKR. Proyek ini telah mulai dibangun pada akhir November 2007 dan siap sepenuhnya pada akhir September 2011. Kompleks ini juga mencakup bangunan istana, perumahan untuk pekerja istana, kantor polisi dan keamanan, kamp militer mini dan gerbang masuk dua tingkat dari Jalan Duta.

Dengan arsitektur yang melambangkan Islam dan Melayu, tatarias lampu, pemalapan dan pencahayaan luar dan dalam istana berbeda. Desain ini bertujuan untuk menciptakan suasana yang khas di samping menghemat energi. Sistem ini akan dipusatkan dan dikawal oleh 10 tombol kontrol di lokasi yang berbeda.

5507031494_c559a61546Kuala_Lumpur_Malaysia-Istana_Negara-Jalan-Duta-01t9ablc4-palace-IstNegara-0351a720fb94b1249498a0f5cad1b1ef23a91c9-istananegaramalaysia

SUMBER :

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=ms&u=http://ms.wikipedia.org/wiki/Istana_Negara,_Jalan_Duta&prev=search

http://malaysia.panduanwisata.id/2009/08/10/istana-negara-kuala-lumpur/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s